Pulihkan Listrik Pulau Sula di Maluku Utara, PLN Kirim 17 Genset

43525f68-5ab3-4d75-ac98-7c3a417977f8_169-d080a623bf53c220df444ef8cd81c0e88148fefb

JakartaPLN mendatangkan 17 genset dari Ambon dan Ternate dengan total kapasitas 780 kW guna menyokong kebutuhan listrik sementara di Sanana, Kepulauan Sula, Maluku Utara. Semua genset yang tiba di Sanana sesuai rencana, yakni pada Sabtu (22/7) pagi ini, diutamakan untuk untuk menyuplai kebutuhan listrik di lokasi-lokasi vital, seperti rumah sakit, kantor pemerintah, rumah ibadah, serta posko-posko darurat yang didirikan PLN.
Selain itu, PLN juga akan segera mendatangkan 3 unit mesin dari Ternate yang masing-masing berkapasitas 800 kW. Ketiga mesin diberangkatkan Sabtu (22/7) ini dan diperkirakan tiba di Sanana pada Minggu (23/7) pagi. Pengangkutan mesin-mesin tersebut menggunakan jalur laut dengan waktu tempuh selama 36 jam .

Saat ini sebanyak 30 personel PLN yang terdiri dari tim teknis dan non-teknis juga telah tiba guna membantu proses pemulihan listrik di Sanana.


Manajer SDM dan Umum PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara Eddy Irawan mengatakan, di samping proses loading dan install mesin genset, PLN tengah membersihkan lokasi PLTD Waikalopa dan mendirikan 5 posko darurat tambahan yang ditargetkan selesai Sabtu (22/7) ini. Posko darurat ini juga akan difungsikan sebagai pusat informasi bagi masyarakat terkait progres pemulihan kelistrikan di Sanana.

“Fokus kami saat ini adalah bagaimana proses pemulihan sistem kelistrikan di Sanana dapat terlaksana dengan baik dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Kami sangat terbantu oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat yang proaktif membantu kelancaran proses pemulihan ini,” ujar Eddy dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/7/2017).

Dengan adanya genset mobile di lokasi-lokasi vital tersebut, PLN berupaya agar tempat-tempat pelayanan publik di Sanana, khususnya rumah sakit, dapat tetap beroperasi dengan maksimal. PLN juga menyediakan posko ‘charger gratis’ di posko-posko darurat PLN.

(mca/hns)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *