7 Sirkuit Balap Paling Mematikan Di Dunia

lemans

news.lewatmana.com – Balap mobil atau motor sejak dulu identik dengan bahaya. Tak sedikit pembalap yang meregang nyawa di lintasan balap atau sirkuit karena kecelakaan. Beberapa sirkuit memang sengaja dibuat dengan kesulitan tertentu untuk membuat balapan lebih menarik.  Berikut 7 sirkuit balap paling mematikan di dunia:

1. Isle of Man TT 

Beberapa dari Anda mungkin masih jarang mengetahui sirkuit yang berada di pulau Isle of Man. Pulau yang masih berada di wilayah Inggris ini dulu sempat terkenal karena ajang balap di awal 1990. Namun, unsur keamanan yang kurang layak di sirkuit ini membuat banyak nyawa pembalap terenggut. Tercatat lebih dari 200 pembalap harus meregang nyawa saat mengikuti ajang balap di sirkuit tersebut. Oleh karena itu kini sirkuit yang menggunakan jalan perkotaan ini semakin jarang digunakan.

Salah satu kecelakaan di sirkuit isle of man (sumber: youtube.com)

Salah satu kecelakaan di sirkuit isle of man (sumber: youtube.com)

2. Indianapolis 

Indianapolis Motor Speedway merupakan salah satu sirkuit besar di Amerika Serikat yang memiliki popularitas di seluruh dunia. Sirkuit ini pernah digunakan ajang balap ternama seperti F1, MotoGP hingga Nascar. Putaran yang dilakukan di sirkuit ini berlawanan arah jarum jam dan sirkuit ini memiliki satu tikungan melengkung berkarakteristik cepat. Hingga sekarang setidaknya ada 42 nyawa pembalap yang berakhir di sirkuit tersebut.

Sirkuit Indianapolis (sumber: visitindy.com)

Sirkuit Indianapolis (sumber: visitindy.com)

3. Rally Dakar 

Dibanding dengan sirkuit buatan, sirkuit di jalan biasa lebih ekstrim dan menantang. Seperti Rally Dakar, yang lintasannya membentang dari Paris hingga Senegal. Cuaca panas, lintasan gersang dan waktu balap berhari-hari membuat banyak pembalap gugur di Rally Dakar. Diperkirakan hingga saat ini ada 40 pembalap yang meninggal selama mengikuti rally ini. Bahkan setelah dipindah ke Amerika Selatan, kompetisi balap ini juga hampir memakan korban setiap tahunnya.

Rally dakar (sumber: boston.com)

Rally dakar (sumber: boston.com)

4. Nurburgring 

Sirkuit Nurburgring yang berada di Jerman ini mendapat julukan “The Green Hell”, memang sirkuit ini terkenal karena menyebabkan banyak kecelakaan. Salah satu kecelakaan yang paling banyak diingat adalah legenda F1 Niki Lauda yang mengalami kecelakaan di lintasan ini pada 1976 yang mengakibatkan luka bakar di kepala . Memang Sirkuit Nurburgring dikenal sebagai sirkuit yang penuh trik, di sana banyak tikungan tajam serta turunan dan tanjakan. Saat ini Sirkuit Nurburging juga mulai ditinggalkan oleh ajang F1. Otoritas lebih memilih Sirkuit Hockenheim sebagai tempat penyelenggaraan F1 di Jerman.

Sirkuit Nurburgring (sumber: bmwblog.com)

Sirkuit Nurburgring (sumber: bmwblog.com)

5. Le Mans 

Sirkuit Le Mans di Prancis menjadi tempat digelarnya balap ketahanan mobil, The 24 Hours of Le Mans. Dalam ajang ini, pembalap akan bertanding selama 24 jam non stop. Tak hanya itu Sirkuit Le Mans juga tergolong ekstrim dan berbahaya, sirkuit ini memiliki lintasan lurus 4 mil yang dimana pembalap bisa menggeber kecepatan hingga 259,9 mph. Tak jarang pembalap mengalami kecelakaan atau bahkan meninggal di sirkuit ini. Menurut data sirkuit ini sudah merenggut nyawa sekitar 24 pembalap.

Salah satu kecelakaan di Le Mans (sumber: dailymail.co.uk)

Salah satu kecelakaan di Le Mans (sumber: dailymail.co.uk)

6. Imola 

Sirkuit yang berada di San Marino Italia ini termasuk salah satu sirkuit paling ekstrim. Sirkuit Imola memiliki bentuk lintasan yang didominasi tikungan cepat. Di pinggir lintasan juga tidak ada area gravel yang cukup untuk melindungi pembalap yang melebar keluar lintasan. Di tahun 1994 pembalap legendaris Ayrton Senna meninggal di salah satu tikungan Sirkuit Imola.

Kecelakaan yang menewaskan Ayrton Senna di Imola

Kecelakaan yang menewaskan Ayrton Senna di Imola

7. Guia 

Sirkuit yang berbahaya tak hanya didominasi oleh Amerika dan Eropa, namun juga ada di Asia, salah satunya Sirkuit Guia di Macau. Sirkuit yang menggunakan jalan raya ini dikenal karena mirip Monaco, namun lebih sempit, bergelombang, namun juga memiliki trek lurus untuk dipacu habis-habisan. Melintasi sirkuit ini butuh setting kendaraan yang bagus juga skill mengemudi yang mumpuni. Di tahun 2012 pembalap asal Portugis Luis Filipe de Sousa Carreira meninggal saat kualifikasi di Grand Prix Macau.

Salah satu kecelakaan di Sirkuit Guia Macau (sumber: asphaltandrubber.com)

Salah satu kecelakaan di Sirkuit Guia Macau (sumber: asphaltandrubber.com)

 

3 thoughts on “7 Sirkuit Balap Paling Mematikan Di Dunia

Leave a Reply