6 Kuliner Khas Bima yang Menggugah Selera..

news.lewatmana.com – Bima adalah salah satu kota di Nusa Tenggara Barat. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan. Karena itu tidak salah jika makanan khas di sana lebih banyak berasal dari hasil laut, seperti ikan dan cumi-cumi.

Makanan Bima sendiri terdiri dari empat bagian di luar nasi, ada kelompok sayuran, kelompok lauk-pauk, kelompok sambal, dan kelompok makanan kecil.

Di bawah ini adalah makanan-makanan khas Bima yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke sana.

1. Uta Palumara Londe (Bandeng Kuah Santan).

Seperti namanya, lauk ini terdiri dari ikan bandeng yang diguyur santan yang di dalamnya terdapat bumbu bawang putih, bawang merah, cabe merah, kunyit, dan tomat. Rasa dari makanan ini manis, asam, pedas dan ada aroma kemanginya sehingga terasa wangi ketika dimakan.

sarangge.files.wordpress.com

sarangge.files.wordpress.com

2. Uta sepi tumis.

Makanan ini paling disukai penduduk Bima. Bahan dasarnya adalah udang-udang kecil yang ditumis dengan asam muda, cabe, tomat, dan kemangi. Anda wajib mencicipinya saat berkunjung ke Bima.

santepae.blogspot.com

santepae.blogspot.com

3. Kahangga.

Merupakan kue tradisional Bima. Bahan dasarnya terbuat dari tepung beras dan gula. Anda akan mudah mendapatkannya di Bima. Rasanya gurih dan manis, dan bisa menutupi rasa lapar Anda.

Biasanya dihidangkan saat sedang ada hajatan di sana, namun karena sekarang cukup populer, Anda bisa menemukannya di pasar tradisional yang ada di sana. Harganya pun cukup murah, hanya dijual seribu rupiah per buah.

ayususantiaditya.blogspot.com

ayususantiaditya.blogspot.com

4. Uta Maju Puru (Daging rusa bakar).

Daging rusa merupakan makanan favorit masyarakat Bima juga. Biasanya daging itu diawetkan dengan cara didendeng. Daging rusa ini dibakar dan ditambahi bumbu pelengkap sehingga rasanya sangat lezat dan gurih.

youngnesia.com

youngnesia.com

5. Tota Fo’o.

Merupakan sambal khas Bima yang bahan dasarnya terdiri dari cabai dan mangga. Rasa asam dari mangga, dan pedas dari cabai membuatnya sangat segar dan bikin ketagihan. Sambalnya pun cukup pedas. Maka dari itu saat makan di Bima, Anda tidak boleh melewatkan sambal ini.

santepae.blogspot.com

santepae.blogspot.com

6. Bingka Dolu.

Merupakan kue khas Bima yang sangat disukai juga oleh masyarakat sekitar. Teksturnya lembut dan mudah dikunyah. Warna hijaunya berasal dari daun suji. Anda mudah mendapatkan kue ini di pasar tradisional yang ada di Bima.

sarangge.files.wordpress.com

sarangge.files.wordpress.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *