15 Tanaman Beracun Dan Sangat mematikan

news.lewatmana.comBeberapa tanaman, baik tanaman buah atau bunga, ternyata memiliki sesuatu yang luar biasa. Beberapa ada yang bermanfaat bagi binatang dan manusia. Namun ada juga yang terlihat begitu menarik dan cantik tapi ternyata beracun dan mematikan!

Berikut adalah daftar tanaman yang berbahaya :

1. Wolfsbane.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-1

Biasanya ditemukan di daerah pegunungan Eropa Utara dan Asia, Wolfsbane adalah genus dari lebih dari 250 spesies tanaman. Mengandung pseudaconitine alkaloid yang jika tertelan akan membuat sesak napas. Tanaman ini sangat berbahaya karena dapat diserap melalui kulit. Tanaman ini juga telah digunakan pada busur panah atau tombak untuk berburu.

2. Water Hemlock.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-2

Tanaman ini sering ditemukan di iklim hangat dari belahan bumi utara. Tanaman ini terkenal karena pernah digunakan untuk mengeksekusi seorang filsuf, Socrates. Mengandung cicutoxin yang jika tertelan akan menyebabkan kejang selama 15 menit, dan kegagalan pernafasan.

3. Belladonna.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-3

Juga dikenal sebagai “Deadly Nightshade“, Belladonna adalah tanaman asli Afrika Utara, Eropa dan Asia Barat. Mengandung alkaloid tropane yang menyebabkan gangguan pernafasan, denyut jantung, dan berkeringat. Ironisnya, racun ini juga telah digunakan untuk tujuan pengobatan.

4. Doll’s Eyes.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-4

Berasal dari bagian utara dan timur Amerika Utara, tanaman ini memiliki buah yang terasa manis dan telah diklaim menjadi penyebab kematian banyak anak. Setelah tertelan, racunnya mulai bekerja pada otot-otot jantung yang menyebabkan serangan jantung.

5. Oleander.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-5

Berasal dari Mediterania dan Asia, Oleander adalah salah satu tanaman bunga yang paling dibudidayakan sekaligus yang paling beracun. Semua bagian tanaman ini mengandung glikosida, yang akan menghentikan jantung seseorang.

6. Rosary Pea.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-6

Juga dikenal sebagai Mata Kepiting, tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia dengan buah yang menyerupai tasbih. Biji tersebut mengandung abrin, yang bekerja dengan infiltrasi sel-sel tubuh untuk menghambat sintesis protein penting. Tidak ada obat penawar untuk abrin, dan waktu kematian akan datang jika buahnya tertelan.

7. Castor Plant.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-7

Asli Afrika Timur dan India, dan sering dibudidayakan menjadi tanaman hias. Kacang tanaman ini mengandung risin, yang menghambat sintesis protein. Seperti racun lain yang menyebabkan masalah dengan sintesis protein, gejalanya akan berlangsung selama beberapa minggu sebelum kematian.

8. Manchineel Tree.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-8

Berasal dari Bahama, Florida dan Karibia, pohon ini dapat membunuh manusia dengan berbagai cara. Yang pertama adalah bahwa getah pohon ini mengandung banyak racun ketika terkena air hujan. Kedua adalah bahwa pohon ini menghasilkan buah yang rasanya manis seperti apel tetapi beracun.

9. White Snakeroot.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-9

Asli Amerika Utara, tanaman ini tidak membunuh manusia secara langsung. Tanaman ini biasanya dimakan oleh sapi yang akan membuat otot dan air susu menjadi jenuh dengan racun tremetol. Berefek pada manusia ketika daging atau susu sapi tersebut dikonsumsi. Tremetol menyebabkan muntah, gemetaran dan sakit usus.

10. Stinging Bush.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-10

Ditemukan di hutan Australia dan Indonesia, Stinging Bush menjadi tanaman semak paling mematikan di dunia. Daunnya tertutupi oleh bulu-bulu halus yang menyengat jika tersentuh oleh kulit. Racun pada bulu-bulu halus tersebut akan menghasilkan rasa sakit luar biasa selama beberapa minggu atau bulan.

11. Angel’s Trumpet.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-11

Tanaman ini banyak digunakan sebagai tanaman hias, walau hampir semua bagiannya beracun kecuali benihnya. Tanaman ini mengandung skopolamin, hiosiamin, dan beberapa alkaloid tropane lainnya. Selain menyebabkan kelumpuhan dan kematian, racun ini juga menghasilkan halusinasi yang menakutkan.

12. English Yew.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-12

Tanaman English Yew adalah asli Eropa. Toksin yang terkandung adalah taxine di semua bagian pohon kecuali buah yang mengelilingi biji pohon. Taxine dapat menyebabkan kelumpuhan dan kejang-kejang. Hal ini pernah digunakan untuk aborsi dan tujuan pengobatan lainnya, namun berakhir pada kematian.

13. Moonseed.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-13

Asli bagian timur Amerika Utara, Moonseed terlihat seperti anggur merah yang lezat. Sayangnya, buah ini cukup untuk menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian dalam dosis yang lebih besar.

14. Daphne.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-14

Tanaman bunga ini populer di Eropa untuk wewangian yang sangat menyenangkan. Namun, daun dan buahnya mengandung mezerein yang menyebabkan penyakit seperti diare, iritasi mulut dan muntah. Dalam dosis besar akan menyebabkan kematian. Tapi yang paling menarik adalah bahwa mezerein merangsang pertumbuhan kanker.

15. Narcissus.

15-poisonous-and-extremely-lethal-plants-15

Bunga ini dikenal sejak zaman kuno. Buahnya kadang-kadang disebut bawang dan mengandung alkaloid lycorine. Jika tertelan, akan menyebabkan ketidaknyamanan ekstrim pada usus dan akhirnya kejang-kejang. Pada dosis yang lebih besar akan mengakibatkan kelumpuhan dan kematian. Namun, tanaman ini juga telah digunakan untuk berbagai penyakit, termasuk kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *